Home » Resensi Buku » [TelahTerbit:] Super Sad True Love Story -Roman Satir yang Menyentuh Jiwa

[TelahTerbit:] Super Sad True Love Story -Roman Satir yang Menyentuh Jiwa

November 2011
S M T W T F S
« Oct   Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip:

Gary Shteyngart

DATA BUKU
Judul: Super Sad True Love Story: Roman Satir yang Menyentuh Jiwa
Judul Asli: Super Sad True Love Story: A Novel
Penulis: Gary Shteyngart
Penerjemah: Dewi Wulansari
Editor: Errena Ike Hendraini
Penerbit: Alvabet
Genre: Novel
Cetakan: 1, November 2011
Ukuran: 13 x 20 cm (flap 8 cm)
Tebal: 520 halaman
ISBN: 987-602-9193-11-4

SINOPSIS

Dirajut oleh novelis muda yang tengah naik ke puncak dunia fiksi, karya yang terbit pada 2010 ini memenangi beberapa penghargaan, seperti Salon Book Award (2010) dan Bollinger Everyman Wodehouse Prize (2011). Tak hanya itu, lebih dari 20 media massa terkemuka pun menyematkan gelar Book of the Year pada karya bestseller ini, antara lain O: The Oprah Magazine, New York Times, Washington Post, San Francisco Chronicle, dan Kirkus Reviews.

Kisahnya bertutur ihwal Leonard Abramov—putra imigran Rusia, berusia paruh baya, kalangan kelas menengah—yang jatuh cinta kepada Eunice Park, gadis muda berdarah Korea-Amerika yang tengah berjuang dengan materialisme dan membebaskan diri dari tekanan keluarga tradisionalnya. Dalam latar kisah cinta yang berosilasi antara kedangkalan dan putus asa, situasi politik yang suram pun terungkap: Amerika di ambang kehancuran, terancam oleh kreditur China—dolar jatuh, kerusuhan pecah di New York, dan pemerintah totaliter yang gigih mempromosikan konsumerisme berupaya melenyapkan para pembangkang politik.

Di tengah kekacauan itu, di dunia di mana hasrat seksual dengan mudah terpenuhi hanya dengan sekali mengklik tombol di layar sentuh, dalam masyarakat di mana yang berkuasa dapat hidup lebih tua namun yang malang akan mati lebih cepat, ternyata masih ada nilai untuk menjadi manusia sejati. Inilah novel yang pasti akan membuat Anda merasa jatuh cinta (kembali).


ENDORSEMENT

 

“Ada banyak mesiu satir yang dikemas dalam setiap kalimat…. Tetapi sejatinya, ini kisah cinta yang kocak, cerdas, dan menyentuh jiwa. Lebih dari itu, inilah novel yang sangat romantis.”
—Time

“Novel yang luar biasa, cerdas, dan amat lucu. … Anda tak akan bisa membuat lelucon yang menyamainya. Segala sesuatu dalam buku ini ditulis dengan sangat mengagumkan. Ada beberapa novel sejenis yang menandingi karya ini, namun tak satu pun mengunggulinya.”
—Tibor Fischer, The Guardian

“Lebih dari sekadar karya fiksi, novel satir ini adalah sebuah kisah yang sangat berwarna. Inilah karya terbaik Gary Shteyngart.”
—Peter Conrad, The Observer

“Sang penulis sangat cerdas dan tak pernah kekurangan gaya. Seperti dalam karya Shteyngart lainnya, novel ini sangat liris, ditulis dengan penuh orkestra retoris yang lucu.”
—Michael Wood, New York Times
 
“Dalam prosa yang antik dan membius, Shteyngart menyuguhkan karya yang dahsyat. Novel indah ini super lucu dan amat menyentuh, sebuah karya yang tak cuma menampilkan kemampuan menyindir secara bersemangat … tapi juga kemampuan menulis secara mendalam dan mengharukan tentang cinta, kehilangan, dan kematian.”
—Michiko Kakutani, New York Times
 
“Sebuah satir yang menggorok pergelangan tangan Anda… Barangkali, inilah satu-satunya buku yang membuat aku ingin berdiri di kereta bawah tanah dan membaca dengan suara keras bagian demi bagian buku ini.”
—Washington Post
 
“Dengan bakat gilanya dalam pengungkapan bahasa yang tajam, seolah-olah Gary Shteyngart adalah Vladimir Nabokov yang menulis ulang 1984.”
—People
 
“Parodi yang cerdas… sangat jenaka, tepat sasaran, dan akhirnya menyedihkan….”
—Entertainment Weekly
 
“Riang dan mengena… seperti lelucon yang ketus… cermin menakutkan bagi kekaisaran Amerika yang meluncur ke jurang kehancuran.”
—San Francisco Chronicle
 
“Lelucon dan tragedi mengerikan menyatu dalam ambisinya. Imajinasi yang liar. Tetapi dia tidak sedang menyimpang atau tak sopan; seperti semua satiris besar, ia membangun rumah cermin menyenangkan yang mengekspos distorsi realitas kontemporer. … Dia adalah salah satu suara paling kuat dari generasinya.”
—Miami Herald
 
“Buku paling lucu dan paling menakutkan yang pernah saya baca. … Gary Shteyngart adalah satiris terbesar kita, tetapi ia juga mahir menulis cerita cinta dan dengan mudah membuat para malaikat (dan manusia biasa) menangis.”
—Edmund White
 
“Gary Shteyngart telah menulis sebuah sindiran cerdas dengan realitas yang cukup untuk menjadikannya benar-benar menakutkan, super lucu, dan super sedih.”
—Mary Gaitskill

BIODATA PENULIS

GARY SHTEYNGART adalah penulis Amerika keturunan Rusia. Lahir di Leningrad (Uni Soviet) pada 1972, ia menghabiskan tujuh tahun pertama masa kecilnya di kota yang sekarang disebut St. Petersburg. Shteyngart beremigrasi ke Amerika Serikat pada 1979 dan menetap di sana hingga saat ini.

Karya-karyanya meraih banyak penghargaan. Debut novelnya, The Russian Debutante’s Handbook, memenangi Stephen Crane Award for First Fiction, tercatat dalam daftar New York Times Notable Book, dan merupakan debut terbaik tahun ini versi The Guardian. Novel keduanya, Absurdistan, termasuk dalam 10 Best Book of the Year versi New York Times dan majalah Time, serta merupakan buku terbaik tahun ini versi Washington Post, San Francisco Chronicle, dan Chicago Tribune. Berkat karya-karya itu, ia terpilih sebagai novelis muda Amerika terbaik versi majalah Granta. Pada 2002, majalah Shout NY menobatkan Shteyngart sebagai satu dari lima penulis baru terbaik, sementara pada 2010 ia tercatat sebagai salah satu penulis fiksi termasyhur berusia 20-40 versi The New Yorker.

 

=============================
PT Pustaka Alvabet (Penerbit)
Jl. SMA 14 No. 10, Cawang, Kramat Jati,
Jakarta Timur, Indonesia 13610
Telp. +62 21 8006458
Fax.  +62 21 8006458
http://www.alvabet.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: