Home » Resensi Buku » [TelahTerbit:] Dunia Kafka; Dunia Menakjubkan Tentang Cinta, Tragedi, dan Pergulatan Hidup

[TelahTerbit:] Dunia Kafka; Dunia Menakjubkan Tentang Cinta, Tragedi, dan Pergulatan Hidup

June 2011
S M T W T F S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip:

Haruki Murakami

DATA BUKU:
Judul: Dunia Kafka
Penulis: Haruki Murakami
Penerjemah: Dewi Wulansari
Editor: A. Fathoni
Genre: Novel
Cetakan: Juni 2011
Ukuran: 12,5 x 20 cm (flap/kuping 8 cm)
Tebal: 608 halaman
ISBN: 978-602-9193-03-9
Harga: Rp. 69.900,-


SINOPSIS:

Novel dengan dua plot berbeda namun saling terkait ini bercerita tentang dua tokoh yang berlainan dunia. Di satu sisi, novel ini menuturkan kisah Kafka Tamura, remaja yang kabur dari rumah untuk menghindari kutukan ayahnya serta untuk mencari ibu dan saudara perempuannya. Dalam petualangannya, ia menemukan tempat penampungan yang tenang di sebuah perpustakaan pribadi di Takamatsu, yang dikelola Nona Saeki yang tertutup dan penyendiri serta Oshima yang ramah dan cerdas. Kafka menghabiskan hari-harinya dengan membaca buku, hingga suatu ketika polisi menginterogasinya terkait dengan kasus pembunuhan brutal.

Sisi lain novel ini berkisah tentang Satoru Nakata, lelaki tua yang—berkat kemampuan luar biasanya—bekerja paruh waktu sebagai penemu kucing hilang. Pada suatu kasus, demi seekor kucing, ia membunuh seorang lelaki misterius. Kasus ini membawanya hengkang jauh dari rumahnya dan berakhir di jalanan, hingga bertemanlah ia dengan sopir truk bernama Hoshino yang membawanya menuju kota tempat pelarian Kafka. Nakata dan Kafka berbeda dunia, namun di alam metafisik kisah keduanya terhubung—dan begitu pula yang terjadi dalam realitas sesungguhnya.

Dengan Oedipus complex sebagai bunga cerita, novel surealis ini menyuguhkan bacaan memukau ihwal identitas, cinta, tragedi, takdir, dan pergulatan hidup. Gagasannya eksploratif dan filosofis. Alur ceritanya berkelok-kelok dan penuh teka-teki. Gaya bahasa dan narasi dialognya ringan dan menghibur. Sebuah novel memikat dari penulis hebat yang patut Anda baca!


ENDORSEMENT:

“Membaca (karya) Murakami … adalah pengalaman yang menggugah kesadaran.”
—Chicago Tribune
“Saya membaca novel ini dalam waktu sekali makan non-stop…. Untuk sebuah narasi cinta, novel ini menyuguhkan kemuliaan.”
—David Mitchell, Guardian
“Karya yang brilian, hebat dalam lingkup surrealis, seksi, dan digerakkan oleh plot yang tajam dan lucu. … Saya merekomendasikan buku ini kepada siapa pun….”
—James Urquhart, Independent
“Buku yang sangat enak dibaca. … Murakami membangun ketegangan dengan terampil dan menyeret Anda ke dalam alur cerita yang berkelok-kelok dan fantastis….”
—Ludovic Hunter-Tilney, Financial Times
“Kekuatan imaginasi penulis begitu besar, demikian pula keyakinannya pada kekuatan kuno. Dalam novel ini, semua itu tampak nyata.”
—Laura Miller, New York Times
“Novel dengan disiplin campuran antara thriller, genre fantasi dan novel sastra, serta cerita dengan keyakinan khas tertentu. Lagi-lagi, Murakami memiliki kemampuan untuk menciptakan kejutan bagi Anda.”
—Hugo Barnacle, Sunday Times
“Novel kesepuluh Murakami ini bisa disebut gila, lucu dan konyol, seperti karya-karya sebelumnya. … Novel ini sangat memukau meskipun mungkin bukan karya terbaik Murakami.”
—Tobias Hill, Times

TENTANG PENULIS:

HARUKI MURAKAMI (lahir di Kyoto pada 1949) adalah penulis Jepang kontemporer yang sangat ternama. Ia menggenggam banyak penghargaan di dunia kepenulisan, antara lain Yomiuri Literary Prize (1995), Kuwabara Takeo Academic Award (1998), Frank O’Connor International Short Story Award (Irlandia, 2006), Franz Kafka Prize (Cekoslowakia, 2006), dan Asahi Prize (Japan, 2006). Terakhir, ia meraih Kiriyama Prize 2007, penghargaan untuk penulis unggul di kawasan Pasifik dan Asia Selatan.

Pria yang semula mengelola bisnis bar jazz di Tokyo ini telah menulis belasan novel, puluhan cerpen, serta beberapa buku nonfiksi. Karya-karyanya diterjemahkan ke dalam lebih dari 40 bahasa dan terjual lebih dari 80 juta eksemplar di dunia. Selain menulis, lulusan Universitas Waseda, Tokyo, yang pernah tinggal empat tahun di Amerika Serikat ini juga menerjemahkan ke dalam bahasa Jepang lebih dari 40 buku berbahasa Inggris karya penulis Amerika dan Eropa.

Berkat kiprahnya yang luar biasa di bidang kepenulisan, Haruki Murakami dianggap sebagai tokoh penting dalam sastra postmodern. The Guardian memujinya sebagai salah satu novelis terbesar dunia yang masih ada hingga saat ini.

=============================
Jl. SMA 14 No. 10, Cawang, Kramat Jati,
Jakarta Timur, Indonesia 13610
Telp. +62 21 8006458 | Fax. +62 21 8006458

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: