Home » Resensi Buku » [TelahTerbit:] 1453: Detik-Detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim

[TelahTerbit:] 1453: Detik-Detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim

April 2011
S M T W T F S
« Mar   May »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Arsip:

DATA BUKU:
Judul: 1453: Detik-Detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim
Penulis: Roger Crowley
Penerjemah: Ridwan Muzir
Editor: Muhammad Husnil
Genre: Sejarah
Cetakan: I, April 2011
Ukuran: 15 x 23 cm (flap 9 cm)
Tebal: 408 halaman
ISBN: 978-979-3064-99-4
Harga: Rp. 75.000,-

SINOPSIS:
Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel adalah pusat dunia Barat sekaligus pertahanan Kristen terhadap Islam. Selama itu pula kota ini tak lepas dari ancaman, namun selalu selamat dari penyerangan rata-rata setiap empat puluh tahun. Hingga akhirnya, sultan Usmani, Mehmet II, pemuda 21 tahun yang haus keagungan, berhasil melewati tembok pertahanan kota dengan bala tentaranya yang sangat besar. Berbekal persenjataan baru nan canggih, pada April 1453, sebanyak 80.000 pasukan Muslim memulai serangan mereka terhadap 8.000 pasukan Kristen di bawah pimpinan Konstantin XI, kaisar Byzantium ke-57. Konstantinopel akhirnya jatuh, menandai tersungkurnya kekuasaan Byzantium dan berakhirnya dunia Abad Tengah. Seperti apakah pertempuran dramatis yang berlangsung selama lima puluh lima hari itu?
Dengan riset sempurna, buku yang ditulis dengan gaya penceritaan novel ini mengisahkan peristiwa besar dalam sejarah dunia yang terlupakan: jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Muslim Turki Usmani pada 1453. Buku ini sekaligus menampilkan kontestasi dua tokoh inspirasional, Sultan Mehmet II dan Kaisar Konstantin XI, yang berjuang demi keyakinan agama dan kekaisaran. Lebih dari itu, inilah kisah tentang momentum dan mata rantai kunci berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia yang mengantarkan Timur Tengah menuju dunia modern.

ENDORSEMENT:
“Salah satu cerita paling menarik dalam sejarah dunia. Penuturannya dahsyat… membuat iri para sejarawan.”
—Noel Malcolm, Sunday Telegraph

“Tulisan yang hidup dan enak dibaca tentang pengepungan Konstantinopel. Petunjuk yang sangat baik untuk mengetahui mengapa Istanbul menjadi kota Muslim.”
—Philip Mansel, Guardian

“Ulasan Crowley sangat memikat… seperti membaca kisah fiksi yang hidup. Karakter para tokohnya digambarkan dengan sangat rinci… membuat mereka seolah-olah hidup di setiap halaman.”
—Michael Standaert, Los Angeles Times

“Pengepungan Konstantinopel ditulis dalam prosa berderak oleh mantan warga Istanbul, Roger Crowley. Dalam buku ini, kita disuguhi narasi sejarah yang sangat memikat.”
—Silvester Christopher, Daily Express

“Crowley menuturkan kembali kisah pengepungan Konstantinopel dengan begitu dramatis.”
—San Francisco Chronicle

“Buku yang cerdas dan memesona! Kisah yang agung, dan Roger Crowley menuturkannya dengan paduan memikat antara wawasan, kecerdasan dan kejenakaan, membuat buku ini menyenangkan untuk dibaca.”
—History Book Club

“Sangat menarik! Roger Crowley menyuguhkan suatu drama melalui kisah yang mengagumkan. Dengan referensi yang kaya, buku ini menggabungkan cerita tentang sejarah militer dan agama yang saling memengaruhi.”
—The Economist

“Segar dan hidup…. Mehmed, sultan Utsmani berusi 21 tahun, tampil sebagai sosok yang kejam tapi inovatif, berang namun fleksibel, dan—di atas segalanya—tak kenal lelah: penerus Alexander dan para kaisar Romawi yang ia kagumi seperti halnya para pahlawan Muslim.”
—Sunday Times

“Cerita lama, tapi dikisahkan dengan baik, dengan bakat besar dan otoritas. Sebuah narasi yang menarik, beralur maju-mundur, dan proporsional.”
—Times Literary Supplement

“Penceritaan yang cepat. Panduan ringkas untuk memahami sejarah panjang perseteruan Islam dan Kristen.”
—Kirkus Reviews


BIODATA PENULIS:

ROGER CROWLEY (lahir pada 1951 di Inggris) adalah lulusan Cambridge University. Usai menuntaskan sekolah dasar dan menengah, ia menghabiskan masa musim panas di Yunani untuk membuat barang tembikar. Setamat dari universitas, anak dari keluarga angkatan laut ini hijrah ke Istanbul dan mengembangkan minat yang besar pada sejarah Turki: selama bertahun-tahun, ia bertualang ke seluruh kawasan Mediterania dan mendalami pengetahuan geografi dan masa lalu wilayah ini. Beberapa tahun terakhir, ia melakukan perjalanan kembali ke daerah-daerah berbahasa Yunani, termasuk dua kali kunjungan ke Gunung Athos, rumah spiritual dalam tradisi Byzantium. Alhasil, muncullah karya pertamanya, buku ini: 1453 (2005). Ia juga menulis Empires of the Sea (2008), kisah lanjutan dari sejarah dramatis tentang kontes besar abad ke-16 antara dinasti Usmani dan dinasti Hapsburg untuk mengendalikan Mediterania.
Roger Crowley kerap menjadi narasumber tentang kekaisaran di kawasan Mediterania, antara lain untuk program In Our Time di BBC, Pusat Analisis Naval di Washington, NATO, dan Hay Festival. Baru-baru ini, ia memberi andil untuk serial televisi yang bertajuk “Usmani versus Kristen: Benturan Peradaban di Eropa Abad ke-16”. Kini, ia tinggal di Inggris, di kawasan perdesaan Gloucestershire.


=============================
PT Pustaka Alvabet (Penerbit)
Jl. SMA 14 No. 10, Cawang, Kramat Jati,
Jakarta Timur, Indonesia 13610
Telp. +62 21 8006458
Fax.  +62 21 8006458

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: