Home » Resensi Buku » [Telah Terbit] SAYA NUJOOD, USIA SEPULUH DAN JANDA

[Telah Terbit] SAYA NUJOOD, USIA SEPULUH DAN JANDA

August 2010
S M T W T F S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip:

(KISAH MENGEJUTKAN TENTANG SEORANG GADIS CILIK YANG PEMBERANI)


DATA BUKU:
Judul: Aku Nujood, Usia Sepuluh Tahun dan Janda
Penulis: Nujood Ali bersama Delphine Minoui
Genre: Kisah Nyata
Penerjemah: Lulu Fitri Rahman
Penyelaras bahasa: Aisyah
Pemeriksa aksara: Asep Sofyan
Ukuran: 13 x 20 cm (flap 8 cm)
Tebal: 227 halaman
Penerbit: Pustaka Alvabet
ISBN: 978-979-3064-87-1
Harga: Rp. 42.000,-


SINOPSIS:
Dipaksa ayahnya menikah dengan lelaki berusia tiga kali lipat usianya, Nujood Ali yang masih belia pun terpisah dari orangtua dan keluarga tercintanya. Ia harus memulai hidup baru bersama suami dan keluarganya di sebuah desa terpencil di pedalaman Yaman. Di sana, setiap hari ia menerima penganiayaan fisik dan emosional dari sang ibu mertua, dan dari tangan kasar sang suami setiap malam. Melanggar janji untuk menangguhkan berhubungan badan dengan Nujood hingga ia cukup dewasa, sang suami merenggut keperawanan si bocah pengantin tepat pada malam pertama. Saat itu usianya bahkan baru sepuluh tahun. Merasa tak sanggup lagi menanggung derita, Nujood melarikan diri—bukan ke rumah orangtuanya, tapi ke gedung pengadilan di ibu kota, naik taksi dengan beberapa keping uang untuk makan sehari-hari.


Mendengar kabar tentang korban belia ini, seorang pengacara Yaman segera menangani kasus Nujood dan berjuang melawan sistem kolot di negeri yang nyaris sebagian gadis-gadisnya menikah di bawah umur. Sejak kemenangan mereka yang tak terduga pada April 2008, tentangan Nujood yang berani terhadap adat-istiadat Yaman dan keluarganya sendiri telah menarik perhatian dunia internasional. Kisahnya bahkan mendorong perubahan di Yaman dan negera-negara Timur Tengah lainnya, tempat hukum pernikahan di bawah umur terus diterapkan dan gadis-gadis belia yang menikah dibebaskan dengan perceraian.


“Otobiografi yang kuat…. Sulit membayangkan bahwa selama ini ada banyak janda belia—atau gadis-gadis pemberani—yang lebih muda dari seorang gadis cilik kelas 3 SD bernama Nujood Ali.”


—Nicholas Kristof, New York Times


“Gaya bercerita yang sederhana dan blak-blakan, buku ini adalah narasi memikat yang sarat  informasi.”


—Publishers Weekly

TENTANG PENULIS:

Nujood Ali lahir di Yaman pada 1998. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada November 2008, majalah perempuan di Amerika Serikat, Glamour, memilihnya sebagai “Women of the Year”. Keberaniannya berjuang melepaskan diri dari jerat perkawinan paksa di bawah umur mengundang penghargaan dari sejumlah tokoh perempuan dunia terkemuka, termasuk Hillary Clinton dan Condoleezza Rice.


Delphine Minoui adalah jurnalis Prancis kelahiran 1974. Penerima penghargaan Albert Loudress ini meliput berita-berita mengenai Iran dan Timur Tengah sejak 1997. Selain buku yang dia tulis bersama Nujood ini, bukunya yang lain adalah Les Pintades á Téhéran, bercerita mengenai kehidupan para perempuan di Iran yang kebebasannya terkungkung. Setelah izin kerjanya di Iran dicabut pada 2007 oleh pemerintah Iran, ia kini tinggal di Beirut.


=============================
PT Pustaka Alvabet (Penerbit)
Jl. SMA 14 No. 10, Cawang, Kramat Jati,
Jakarta Timur, Indonesia 13610
Telp. +62 21 8006458
Fax.  +62 21 8006458
http://www.alvabet.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: