Home » musik » Rekam Musikmu Sendiri (1): Mengenal Audacity

Rekam Musikmu Sendiri (1): Mengenal Audacity

November 2009
S M T W T F S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip:

08 September, 2009
 
Asiknya Rekaman Sendiri dengan Audacity
 
Oleh: Ardian Perdana Putra

Suka bernyanyi? Suka iseng menulis puisi atau lirik lagu? Suka bereksperimen dengan instrumen musik? Punya band tapi bingung bagaimana memulai rekaman dengan dana yang terbatas? Jangan bingung. Dengan beberapa alat sederhana dan software opensource Audacity, kita bisa menyulap sebuah PC menjadi studio virtual dengan dana minim. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya kita memulai langkah kita untuk menjadi seorang musisi dengan merekam lagu kita sendiri.

Audacity adalah software opensource untuk merekam materi audio, mengeditnya serta menyatukannya melalui proses mixing sehingga menjadi sebuah karya audio yang utuh. Definisi ‘free’ yang dibawa oleh software ini tidak terbatas hanya bebas dari segi harga (free = gratis) tetapi lebih jauh lagi bebas yang dimaksud adalah kebebasan dalam mengungkapkan pemikiran dan ekspresi (free = freedom = kemerdekaan). Seperti diungkapkan dalam situsnya “Free software gives you the freedom to use a program, study how it works, improve it and share it with others.”. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari Audacity yaitu bersifat cross platform yang membuatnya tersedia untuk berbagai sistem operasi mulai dari Mac OS, Windows, GNU/Linux dan sistem operasi lainnya (jika ada yang ingin mengembangkan). Sourcecode tersedia secara bebas untuk dipelajari, dimodifikasi dan dikembangkan, selama tetap menjaga lisensi opensource-nya.

Meskipun gratis, Audacity menawarkan berbagai fasilitas rekaman yang tak kalah dengan software berbayar populer seperti Sonic Foundry dan Cakewalk. Kita bisa melakukan rekaman dengan fasilitas multi-track. menyuting hasil rekaman, menambahkan efek suara, hingga proses mixing dengan mudah. Hasil akhirnya pun bisa kita konversi ke beberapa format populer seperti WAV (standar windows dan master rekaman), MP3 (universal) dan OGG Vorbis (standar linux). Hasil rekaman yang kita hasilkan dapat kita gunakan untuk membuat demo album ke perusahaan rekaman atau dapat langsung kita publikasikan secara independen baik sebagai materi fisik dalam bentuk CD atau via internet.

Biasanya band-band amatir merekam musik latihan mereka di studio secara live. Tentunya hasil yang diperoleh amat sulit untuk mencapai hasi sempurna karena ketika ada kesalahan disalah satu personil akan merusak keseluruhan lagu. Dengan merekam secara multitrack ini kita bisa menyatukan beberapa sampel suara yang direkam secara terpisah dan dimainkan secara paralel dalam satu lagu. Cara ini dapat meningkatkan kualitas hasil rekaman karena jika ada kesalahan saat salah satu instrumen direkam, hasilnya masih bisa disuting dan diperbaiki sehingga bagian yang cacat tersebut tidak mempengaruhi hasil rekaman secara keseluruhan.

Rekaman secara multi-track ini memungkinkan kita untuk membuat rekaman dengan format full band , choir (paduan suara) atau bahkan sebuah Orkestra sekalipun. Sayangnya, rekaman secara multitrack di studio biayanya lumayan mahal untuk sebagian kalangan. Audacity bisa menjadi solusi bagi mereka yang memiliki dana terbatas. Anda bisa merekam sendiri instrumen-nstrumen yang anda butuhkan dalam lagu anda, melakukan eksperimen-eksperimen dengan komposisinya, kemudian menyatukannya dalam lagu anda, dengan biaya lebih murah. Anda juga bisa memodifikasi track audio anda misalnya dengan menghilangkan bagian yang tidak perlu, meninggikan/menurunkan volume suara pada bagian tertentu, menambahkan berbagai efek suara sehingga kualitas musik hasil rekaman anda menjadi lebih berwarna.

Tentunya hasil rekaman anda tidak langsung instan sebaik band-band terkenal, tapi dengan tampilan simpel dan user-friendly yang dimiliki Audacity anda akan lebih cepat belajar. Anda hanya perlu sering-sering bereksperimen, banyak mencoba dan memulainya sendiri, siapa tahu mungkin itu jalan anda untuk menjadi seorang musisi legendaris indonesia. Bagaimana? Anda mulai tertarik untuk mulai merekam musik anda sendiri? Anda bisa mengunduh program gratis ini di situs resminya. Sebagai contoh, anda bisa mendownload dan mendengarkan beberapa lagu yang telah saya rekam sendiri disini.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: