Home » acha410s blogs » Keputihan

Keputihan

September 2009
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip:

Bagi kebanyakan kaum hawa, keputihan bagai momok yang sangat menakutkan. Ketika mengalaminya, mereka (para wanita) menjadi resah, risih, merasa bersalah, nggak pede dan perasaan gundah lainnya , tapi ada juga sih yang cuek. So diam-diam mereka mencari info, bisa dari majalah, tabloid, iklan, teman, tetangga, forum tanya jawab dunia maya dll.

Mengapa tidak periksa or konsultasi ke dokter? Wah, banyak alasannya. Bilangnya malu.., atau..atau biaya dokter mahal..ssst yang ini banyak benarnya lho..hehehe. Anehnya, adakalanya tidak mau ke dokter karena takut biaya mahal, di sisi lain rela keliling kemana-mana walaupun pada akhirnya banyak keluar biaya. Mereka mengatakan, namanya juga usaha. Kalau boleh berprasangka nih… wanita maunya bagaikan Madonna, singset, oke punya deh. Maunya itunya tuh… rapet and kering seperti yang ditawarkan iklan. Lho ini maunya wanita apa maunya pria sih.

Apa itu Keputihan ?…Apa bisa menyebabkan mandul, apa bisa menyebabkan kanker, apa bisa punya anak, apakah suami bisa puaas, puaasss….. apakah…apakah…? Itulah pertanyaan yang mungkin mengganjal di hati para wanita yang mengalaminya, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum.

DEFINISI
Keputihan, atau dalam istilah medisnya disebut Fluor albus (fluor=cairan kental, albus=putih) atau Leukorhoea, secara umum adalah: keluarnya cairan kental dari vagina yang bisa saja terasa gatal, rasa panas atau perih, kadang berbau, atau malah tidak merasa apa-apa. Kondisi ini terjadi karena tergangggunya keseimbangan flora normal dalam vagina, dengan berbagai penyebab.

GEJALA KEPUTIHAN
Lazimnya pembahasan penyakit diawali dengan gambaran umum, definisi, perjalanan penyakit (patofisiologi), penyebab, gejala dan seterusnya. Kali ini penulis tidak mengikuti kelaziman di atas supaya pokok bahasan lebih mudah dimengerti. Gejala keputihan dibagi 2 kelompok, yakni: gejala Keputihan yang bukan penyakit (non patologis), dan gejala keputihan yang disebabkan penyakit (patologis).

Gejala keputihan bukan karena penyakit:

* Cairan dari vagina berwarna bening
* Tidak berwarna, Tidak berbau, Tidak gatal
* Jumlah cairan bisa sedikit, bisa cukup banyak

Gejala keputihan karena penyakit:

* Cairan dari vagina keruh dan kental
* Warna kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan
* Berbau busuk, anyir, amis, terasa gatal
* Jumlah cairan banyak

Inga, inga keputihan tidak menyebabkan Kanker lho. Keputihan yang disebabkan penyakit dan dibiarkan tidak diobati sampai lama, adakalanya menyebabkan kemandulan karena penyebaran infeksi. Sedangkan keputihan yang bukan karena penyakit, tidak menyebabkan kemandulan. Apapun gejalanya, bila kita mengalaminya, kewaspadaan dini dengan cara bertanya kepada dokter, adalah tindakan yang bijaksana.

PENYEBAB KEPUTIHAN
Seperti halnya gejala keputihan, penyebab terjadinya Keputihan dapat disebabkan kondisi non patologis (bukan penyakit), dan kondisi patologis (karena penyakit).

Penyebab Non Patologis (bukan penyakit):

* Saat menjelang Menstruasi, atau setelah Menstruasi
* Rangsangan Seksual, saat wanita hamil
* Stress, baik fisik maupun psikologis

Penyebab Patologis (karena penyakit):

* Infeksi Jamur (kebanyakan jamur Candida albicans )
* Infeksi bakteri (kuman E. coli, Sthaphilococcos )
* Infeksi Parasit jenis Protozoa (umumnya Trichomonas vaginalis )
* Penyebab lain bisa karena infeksi Gonorhoe (GO / Kencing nanah ), dan lain-lain, banyak deh. Bisa pula karena sakit yang lama, kurang gizi, anemia, dan faktor hyegiene (kebersihan).

Hal lain yang juga dapat menyebabkan keputihan antara lain: pemakaian tampon vagina, celana dalam terlalu ketat, alat kontrasepsi, rambut yang tak sengaja masuk ke vagina, pemakaian antibiotika yang terlalu lama dan lain-lain. Kanker leher rahim juga dapat menyebabkan keputihan, tetapi bukan berarti keputihan menyebabkan kanker. Jangan dibalik ya Perlu diingat lagi, bertanya kepada ahlinya adalah tindakan yang bijaksana.

PENGOBATAN
Pengobatan keputihan sudah barang tentu bergantung kepada penyebabnya. Untuk keputihan ringan, cukup dengan membersihkan dengan antiseptik vagina sesuai anjuran dokter anda. Sedangkan keputihan akibat infeksi, mutlak diperlukan anti infeksi. Pemilihan anti infeksi disesuaikan dengan jenis mikro-organismenya. Jika penyebabnya jamur, maka diberikan pengobatan anti jamur, jika karena bakteri diberikan antibiotik (sesuai jenis kuman), jika penyebabnya protozoa (Trichomonas vaginalis) diberikan obat anti parasit dan seterusnya.

Perlu diingat, pemilihan obat-obat di atas seyogyanya berdasarkan jenis mikro-organisme penyebab keputihan. Caranya dengan memeriksa cairan vagina untuk mengetahui jenis mikro-organisme. Biayanya murah koq, sekitar 20 ribu doang. Murah kan, murah kan. Sedangkan pemeriksaan lebih spesifik dan akurat untuk keputihan karena kuman adalah test kepekaan kuman. Nah, dengan test kepekaan ini dapat ditentukan jenis antibiotikanya.

Contoh:
Test kepekaan antibiotika terhadap penyebab keputihan menunjukkan hasil sebagai berikut:

* Eritromisin: 22 mm
* Doksisiklin: 22 mm
* Tiamfenikol: 20 mm
* Siprofloksasin: 18 mm
* Metronidazol: 18 mm

Berdasarkan hasil test kepekaan tersebut maka obat pilihan yang diberikan adalah Eritromisin atau Doksisikllin. Jadi tidak lantas hantam kromo, misalnya semua penderita keputihan disikat pakai cyprofloxacin. Itu mah seperti nembak burung emprit pakai senapan otomatis, tret tret tet tet tet dor dor dor jelegur. Hah, koq kayak Rambo ya. Bayangkan, burung empritnya bisa diberangus, tetapi dahan, rating dan dedaunan di tempat si burung emprit hinggap tersebut juga rontok berguguran. Koq kasih contoh seekstrim gitu sih? Iya dong, namanya juga perumpamaan. Artinya kita harus paham bahwa memberikan obat itu perlu dipertimbangkan manfaat dan mudharatnya. Selain itu si dokter juga menjaga pasiennya agar tidak resisten di kemudian hari, tidak semata-mata mak nyus agar nampak ampuh dan sakti mandraguna. Supaya laris?

Gimana dengan air rebusan daun sirih ? Waduh, yang ini penulis tidak tahu apakah sudah ada penelitian yang akurat apa belum. Banyak tuh buku-buku tanaman obat dan tabloit wanita yang menyebutkan seperti itu. Kembali ke … penyebab !!! Ada juga pasien yang ke praktek sudah diobati dengan beragam ramuan daun dan lain-lain, hasilnya beberapa minggu tetap keputihan. Setelah diperiksa cairan vagina ternyata penyebabnya kuman E. coli (kuman yang biasanya nongkrong di usus). Nah obatnya bukan rebusan kan.

Ketika Keputihan, apa tindakan Anda ?

* Berupaya mencari pengobatan yang tepat dan benar
* Hindari memakai pakaian ketat dan jaga kebersihan
* Untuk sementara menghindari hubungan badan dan ajak pasangan anda menjalani pemeriksaan bersama
* Tidak mengobati diri sendiri karena kesalahan obat dapat memperberat infeksi
* Pemakaian obat antibiotika, hanya atas anjuran dokter.
* Hindari gonta ganti pasangan

PENCEGAHAN
Bagaimana mencegah Keputihan ? Di atas sudah disinggung, silahkan simak lagi yang berikut ini:

* Jaga Kebersihan Vagina (bersihkan dengan air bersih, sedangkan pemakaian cairan antiseptik hanya atas saran dokter)
* Hindari celana dalam ketat apalagi yang berbahan nylon, sebaiknya pakai bahan katun dan jangan lupa ganti setiap hari (hihihi apa ada yang ganti seminggu dua kali ya).
* Membasuh atau membilas vagina dari depan ke belakang
* Menghindari duduk di toilet umum (kecuali terpaksa, setelahnya bilas dengan air bersih ….sampai bersih sih sih)
* Ganti pembalut (di kala menstruasi) tepat waktu, dll.

Ongomong-ngomong soal cara cebok.
Cara cebok yang benar (khususnya) bagi wanita adalah:
A. Dari belakang ke depan
B. Dari depan ke belakang
C. Tidak cebok

Hehehe, tentu jawabannya B, dari depan ke belakang, kan sudah ada di atas, cara mencegah keputihan. Emangnya kalo dari belakang ke depan kenapa sih ? Jika maksa cebok dari belakang ke depan, sama aja memindahkan sisa-sisa kotoran dari dubur ke vagina dong, ya nggak, ya nggak. Kalau kebetulan ada mikro-organisme yang yangkut di vagina, ada kemungkinan terjadi infeksi. Betul nggak ?
Ssssst, ada yang milih C nggak ya D

Tebak-tebakan di atas bisa anda coba di kantor. Kalau pas para wanita ngumpul, coba deh kasih tebak-tebakan cara cebok. Trus yang gak mau jawab godain aja milih C (ngga cebok), berani nggak ? Eit, kalau ada yang sewot jangan bilang-bilang bahwa tebak-tebakan tersebut dari penulis ya D

PESAN UNTUK LELAKI
Jika suatu saat pasangan kita anda mengalami keputihan, jangan lantas curiga atau menunjukkan muka masam ya. Bantu pasangan untuk mengatasi masalah tersebut, bukan malah menambah kepanikan. Bisa saja keputihan yang dialami pasangan disebabkan non patologis, misalnya karena kecemasan. Kecemasan itupun banyak faktor pencetusnya. Contoh: sedang buanyak pekerjaan, lembur ngitung neraca keuangan atau jangan-jangan uang belanja kurang dan lain-lain. Intinya, jangan terlalu risau tapi jangan pula memandang sepele. Langkah terbaik adalah menghubungi dokter masing-masing. *halah promosi*

Up date:
Oya, setelah ada komen dari pak Guru, penulis merasa perlu menambahkan hal berikut:
Keputihan yang disebabkan bukan penyakit, misalnya karena alat kontrasepsi atau sebab lainnya, bebas untuk disambangi dan bagi wanita juga bebas untuk minta disambangi. Ngerti maksudnya ngga ya? Ya deh, tu de poin aja, boleh berhubungan intim, nggak pengaruh koq. Lha supaya para wanita ngga risih, gampang, kasih aja tissue atau pembalut tipis untuk menanggulangi keputihan. Yang penting bekas tissue pengganjal dibuang di tempat aman ya.


5 Comments

  1. Anonymous says:

    [url=http://www.acheter-viagra.freehostp.com][img]http://www.viagra-achetez.enjoymeds.biz/achat-cialis.jpg[/img][/url][url=http://www.acheter-viagra.freehostp.com][img]http://www.viagra-achetez.enjoymeds.biz/achat-viagra.jpg[/img][/url][url=http://www.acheter-viagra.freehostp.com][img]http://www.viagra-achetez.enjoymeds.biz/achat-levitra.jpg[/img][/url][b]ONLINE cialis generique[/b][url=http://www.mmagame.com/forum/viewtopic.php?t=365]Achat Tadalafil[/url] – cialis Acheter[b]ACHAT CIALIS EN LIGNE[/b]http://crhsesaprn.hqforums.com/vp23.html[b]Achat Sialis[/b][url=http://hefeiexpat.com/forum/index.php?topic=383.0]cialis online[/url] – Tadalafil Acheter[b]Tadalafil 10mg Acheter[/b]http://www.700musers.com/phpBB2/viewtopic.php?t=588[b]ACHAT CIALIS GENERIQUE EN PARIS[/b][url=http://www.lookupamerica.com/board/index.php?showtopic=1666]Cialic Acheter[/url] – ACHAT CIALIS ENLIGNE[b]Tadalafil Achat[/b][b]cialis europe[/b][url=http://www.proton-tm.com/board/viewtopic.php?p=1679]Cialic[/url] – commande cialis[b]cialis vente libre[/b][b]Acheter Tadalafil[/b][url=http://hellskitchenonline.com/phpBB3/viewtopic.php?f=3&p=28968]achat cialis[/url] – ACHAT CIALIS GENERIQUE ENLIGNE[b]acheter tadalafil[/b]

  2. Anonymous says:

    Besides not being able to make calls or place texts messages, whats the difference between the two. Can the iphone do other things the touch can not?________________ [url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone[/url]

  3. Anonymous says:

    I bought an Iphone recently. I connected it with my computer but Itunes 8 does not recognize it. I feel the software installed is duplicate.How can I get the original and how do I install it?________________[url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone[/url]

  4. Anonymous says:

    http://www.insubuy.com/forum/member.php?u=125026%5Bb%5DCIALIS KAUFEN EUR 1.10 pro pille >>> Jetzt Kaufen! <<< KAUF CIALIS OHNE REZEPT alternativ zu CIALIS[/b][b]CIALIS KAUFEN REZEPTFREI CIALIS KAUF CIALIS Apotheke[/b]http://www.ewheatgrass.com/wheatgrassjuice/members/cialiskaufen.htmlTadalafil, angeboten unter dem Namen Cialis, ist eine neue Gruppe von Medikationen, welche adaquate sexuelle Stimulation erlaubt, die Blutgefa?e des Penis entspannt und der Erektion hilft. Die empfohlene Dosis von Tadalafil betragt 20mg.Cialis ist das einzige Medikament, welches nicht nur schnell wirkt (wirkt in 30 Minuten) sondern auch bis zu 36 Stunden effektiv bleibt, das Ihnen ermoglicht den richtigen Moment fur Sie und ihren Partner zu wahlen. Sie konnen Cialis am Morgen einnehmen und Sie sind bereit fur den richtigen Moment wahrend des Tages, Abends oder auch wahrend des nachsten Tages. Millionen Manner wurden von der effektiven Wirkung in Milde und von der gema?igten oder harten erektile Dysfunktion von Cialis uberzeugt.[url=http://www.freshwap.net/forums/members/cialiskaufen.html]BESTELLEN CIALIS im Internet[/url] – CIALIS KAUFEN OHNE REZEPT[b]CIALIS KAUFEN CIALIS BILLIG OHNE REZEPT CIALIS alternativ[/b][url=http://www.uhaveaudio.com/forums/member.php?u=185]BESTELLEN CIALIS[/url] – CIALIS KAUFEN BILLIG[b]CIALIS KAUFEN BILLIG CIALIS Rezeptfrei CIALIS® kaufen[/b][url=http://www.forexindo.com/forum/members/cialiskaufen.html]KAUFEN CIALIS OHNE REZEPT[/url] – BESTELEN BILLIG CIALIS ONLINE[b]CIALIS KAUFEN CIALIS KAUFEN OHNE REZEPT FREE CIALIS[/b]

  5. Anonymous says:

    unlock iphone 3g [url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone 3g[/url] unlock iphone 3g unlock iphone 3g

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: