Home » Resensi Buku » [Telah Terbit] The Qiraah Code

[Telah Terbit] The Qiraah Code

September 2009
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip:

THE QIRAAH CODE

Mengungkap Rahasia Bacaan Shalat, dari Takbir hingga Salam

Penulis: Akhirudin DC, MA

SINOPSIS

Shalat menyimpan rahasia yang sangat menakjubkan. Bukan hanya gerakan jasmani yang menyehatkan, shalat juga merupakan latihan ruhani yang dapat meningkatkan keimananan dan ketakwaan. Rukun Islam yang dipatok sebagai tiang agama ini merupakan metode pembelajaran yang efektif jika dilakukan dengan pemaknaan yang sempurna. Gerakan shalat, misalnya, mengajarkan bahwa hidup selalu bergerak dan bergantian: sekali masa berdiri sempurna, merunduk, lalu sujud dan bersimpuh, kemudian kembali berdiri. Begitu juga kehidupan manusia: kadang jaya, lain waktu nista; kadang bahagia, kadang pula menderita; atau tempo waktu bersyukur, dan tempo masa menghiba.

Selain gerakan shalat, bacaan dalam shalat dan di setiap gerakannya juga mengandung rahasia agung yang menakjubkan. Misalnya, bacaan surat al-Fatihah, yang dilafalkan di setiap rakaat, merupakan metode internalisasi untuk selalu berpikir, berjiwa, dan berhati besar: al-hamd lillâh rabb al-‘âlamîn. Bukankah berpikir besar, berjiwa besar, dan berhati besar merupakan kunci sukses?

Buku ini mengungkap rahasia-rahasia besar di balik bacaan shalat. Di dalamnya kita menemukan pelajaran mengenai prinsip utama dalam Islam, bahwa keimanan pada Tuhan mestilah berbuah manis bagi kebaikan pada sesama insan. Shalat yang diawali bacaan takbir, pengakuan atas kebesaran Allah, dan diakhiri kalimat salam, ucapan tanda kepedulian pada sesama insan, merupakan perpaduan sinergis antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional.

ENDORSEMENT

“Buku ini menyingkap makna ritual shalat serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penting dimiliki oleh siapa pun yang menginginkan kualitas dan akhir kehidupan yang baik dan BAHAGIA.”

—Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian, pendiri ESQ Leadership Center

“Ibadah shalat mengandung banyak hikmah dan menjadi cermin kehidupan, salah satunya adalah membangun karakter. Begitu banyak hikmah shalat, tetapi banyak orang masih kurang memahami hakekat shalat dan pengaruhnya pada mental dan watak. Buku ini sangat dibutuhkan untuk membantu memahami makna-makna tersebut dan buku ini juga sangat layak dibaca dan membantu problem dalam keluarga.”

—Dr. H. Samsul Maarif, MA, Seketaris PB LDNU dan konsultan Fikih Keluarga

“Shalat khusyu’ akan melahirkan akhlak dan moral yang baik. Salah satu media untuk khusyu’ dalam shalat adalah dengan memahami bacaan-bacaan yang terdapat di dalamnya. Kehadiran buku ini mengajak kita untuk memahami esensi tersebut.”

—Dr. TGH. Lalu A. Zaenuri, MA, alumni Universitas Mu’tah Yordania dan pengasuh PP Nurul Hakim, Lombok Barat, NTB

PENULIS

Akhirudin DC, sejak kecil hingga dewasa, selalu bergulat dengan pendidikan agama. Setamat dari Sekolah Dasar (SD) pada 1990, ia belajar ke Pondok Pesantren Nurul Islam Sri Bandung, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), lulus tahun 1996. Setelah itu, ia mondok ke kota Madura: selama dua tahun belajar di Pondok Pesantren (Modern) al-Amien, Sumenep, lalu pindah ke Pondok Pesantren (Salaf) Bustanul Ulum, Pamekasan, dan kemudian melanjutkan ke Madrasah Aliyah (MA) di Ponjanan Timur, Pamekasan, hingga lulus pada 1999. Setelah menuntaskan jenjang pendidikan dasar dan menengahnya, penulis melanjutkan sekolah pendidikan tingginya di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hingga meraih gelar sarjana pada 2003. Tak cukup di jenjang S1, ia meneruskan studinya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga menggenggam gelar master pada 2007.

Akhiruddin pernah mengikuti ESQ Basic Training (2007) dan Training Lanjutan ESQ Mission Statement (2008). Dan selama 2007-2008, ia juga menjadi asisten trainer di ESQ Leadership Center. Penerima AgroMedia Scholarship Writing Programme dari Jakarta School pada 2005 ini juga pernah menjadi dosen di IDIA Pondok Pesantren al-Amien, Sumenep, Madura, serta asisten dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2007). Dan sejak 2008, ia mengajar di STAI Thawalib Jakarta.

Karyanya yang lain, yakni Panduan ABG Muslimah: Sehat & Pe-De Abisss Bo!!! (Qultum Media), dan Panduan PHBI (Peringatan Hari-hari Besar Islam). Selain itu, ia juga menulis sejumlah buku bersama penulis lain, seperti Problematika Dakwah: Dari Konteks Metodologis ke Kancah Aktivitas (Rahmat Semesta); Agama dan Radikalisme Islam (Nuqtah); serta Akhlak Mulia (Mubarak Institut), buku untuk MI, MTs, dan MA.
___________________________________

DATA BUKU

Judul : The Qiraah Code
[Mengungkap Rahasia Bacaan Shalat, dari Takbir hingga Salam]

Penulis : Akhirudin DC, MA
Editor : Ade Fakih Kurniawan
Penerbit : Alifia Books (Kelompok Pustaka Alvabet)
Genre : Keislaman
Cetakan : I, September 2009
Ukuran : 13 x 20 cm
Tebal : 216 halaman
ISBN : 978-979-99803-6-6
Harga : Rp. 39.800,-

=========
Pustaka Alvabet
Ciputat Mas Plaza Blok B/AD
Jl. Ir. H. Juanda No. 5A, Ciputat
Jakarta Selatan Indonesia 15411
Telp. +62 21 7494032,
Fax. +62 21 74704875
http://www.alvabet.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: