Home » Perguruan Rakyat Merdeka » Soal bahasa Indonesia di Timor Leste

Soal bahasa Indonesia di Timor Leste

July 2009
S M T W T F S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip:

Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan panjang tentang kunjungan presiden Ramos Horta ke restoran INDONESIA di Paris, yang sudah disiarkan lewat berbagai mailing-list dan juga disajikan dalam website http://umarsaid.free.fr/ sejak beberapa waktu yang lalu.

Dalam tulisan-tulisan yang lalu, telah dikemukakan betapa pentingnya arti kunjungan presiden Ramos Horta ke restoran yang mempunyai sejarah dalam perjuangan bersama antara rakyat Timor Timur dan rakyat Indonesia dalam melawan rejim militer Suharto. Dan juga diceritakan tentang pertemuan presiden Ramos Horta dengan 3 sahabat-sahabatnya yang lama, yang merupakan petunjuk yang bagus sekali bahwa ia sebagai presiden tidak melupakan teman-teman seperjuangannya di masa yang lalu.

Namun dalam tulisan-tulisan yang disiarkan lewat berbagai mailing list, terdapat beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki. Disebut dalam tulisan itu bahwa presiden Ramos Horta merencanakan akan mengumumkan dalam bulan Agustus bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional di Timor Leste. Penyebutan yang demikian itu salah. Yang betul adalah bahwa ia mengatakan akan digunakannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi (official language) di Timor Leste.

Ini berarti bahwa di Timor Leste akan ada 3 bahasa resmi (official languages), yaitu Tetum, Portugis dan Indonesia. Dan juga bahwa bahasa Porugis tidak akan diganti dengan bahasa Indonesia. Sedangkan bahasa Inggris tetap akan dipakai sebagai « working language » seperti halnya selama ini.

Dalam tulisan yang disajikan dalam website http://umarsaid.free.fr/ juga dijelaskan bahwa bahasa Indonesia akan ditingkatkan menjadi bahasa resmi (official language).

Dengan ini kesalahan dalam tulisan tentang penggunaan bahasa Indonesia di Timor Leste yang disiarkan lewat berbagai mailing-list diperbaiki.

A. Umar Said


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: